Hari ini saya resmi melakukan blogging kembali. Sebelumnya saya pernah beberapa kali mencoba menulis blog, tapi blognya tidak terurus dan hanya bertahan satu dua postingan kemudian blognya dihapus. Harapannya blog baru ini adalah blog yang sesungguhnya dan bisa bertahan lama, kalau bisa selamanya 😇.

Blog ini dibuat menggunakan static site generator Jekyll. Dulu saya pernah coba buat blog pakai Blogger dan self-hosted Wordpress. Dari pengalaman, memang saya lebih menyukai menggunakan static site generator seperti Jekyll. Mungkin karena tidak ada lagi halaman admin untuk mengelola konten blog.

Menurut saya static site generator itu cukup menarik. Dulu waktu baru belajar tentang web, ada namanya Web 2.0 yaitu tentang web dinamis dengan segala kelebihannya dibandingkan web statis. Dengan adanya static site generator ini, web kembali diakses dari web statis. Jadi, mirip-mirip fashion begitu, kadang-kadang trend-nya berputar kembali.

Mau menulis tentang apa?

Alasan utama saya mencoba menulis blog lagi adalah C++. Saat ini –ketika postingan ini ditulis– C++ adalah bahasa pemograman favorit saya. Saya ingin menulis hal-hal yang berhubungan dengan C++. C++ sangat komprehensif tetapi banyak orang hanya mengetahui C++ sebatas C ditambah OOP (Object Orientad Programming). Saya merasa referensi C++ bahasa Indonesia masih belum banyak dan juga susah dicari. Oleh karena itu, saya berpikir menulis hal-hal tentang C++ untuk ikut meningkatkan trend bahasa favorit saya ini 😃.

Bahasa pemograman lain yang saya sukai adalah Typescript. Sebelumnya saya menyukai Javascript, akan tetapi fitur static type pada Typescript menurut saya sangat berguna, sehingga membuat saya lebih menyukai Typescript. Static typing pada Typescript bisa mendeteksi lebih cepat bug yang biasa terdapat pada Javascript karena konversi type. Typescript juga adalah hal yang saya ingin tulis dalam blog ini.

Rencana topik konten yang ditulis dalam blog ini akan luas dan random, tergantung dari buah pikiran saya. Saya akan menulis hal-hal yang ingin saya tulis. Saat ini topik yang bisa saya pikirkan adalah C++, Typescript, 3D programming, bioinformatik dan kemoinfomatik, fitness, hal-hal menarik yang saya ketahui dari internet, One Piece dan meme. Topik lain mungkin ada, tapi tidak terpikirkan saja sekarang. Kedepannya juga pasti ada topik-topik lain yang baru terpikirkan, kita lihat saja.

Penutup

Saya pikir tulisan kali ini cukup sampai disini. Ada hal-hal yang masih ingin saya tulis mengenai blogging, akan tetapi sepertinya lebih tepat ditulis dipostingan lain. Menulis blog adalah hal yang baik, tentunya dengan konten yang baik pula. Harapannya kali ini saya bisa berkomitmen menulis blog, semoga.

Salam.